Pages

Sabtu, 11 Agustus 2012

Nervus abducent

Nervus abducent menginervasi musculus rectus lateralis. Serabutnya berasal dari nucleus kecil yang terletak pada bagian atas fossa rhomboid dekat dengan bagian tengah dan di bawah colliculus facialis. Nervus ini berjalan ke inferior dan anterior
melalui pons dan muncul pada sulcus diantara margin inferior pons dan akhir bagian atas pyramid medulla oblongata.

Dari nucleus nervus VI, serabut berjalan melewati fasciculus longitudinal medial menuju nervus occulomotor pada sisi yang berlawanan, menuju musculus rectus medialis. Musculus rectus lateralis pada satu mata dan rectus medialis pada mata yang lain menerima inervasi dari nucleus yang sama.


Gambar di bawah menunjukkan inervasi musculus rectus medialis dan lateralis pada mata. Nervus menembus duramater pada dorsum sellæ os sphenoidale, berjalan melalui incisura (notch) tulang di posterior processus clinoideus dan melewati sinus cavernosus pada sisi lateral arteri carotis internus.

Nervus ini memasuki cavum orbita melalui fissura orbitalis superior, di atas vena opthalmicus yang dipisahkan oleh lamina duramater. Nervus abducent berjalan diantara kedua venter musculus rectus lateralis dan memasuki permukaan mata musculus tersebut.


Di dalam sinus cavernosus, nervus oculomotor, trochlearis dan opthalmicus terletak pada dinding lateral sinus. Nervus abducent terletak pada sisi lateral arteri carotis interna. Nervus ini berjalan melewati fissura orbitalis superior. Setelah melewati fissura orbitalis superior, nervus oculomotor dan opthalmicus bercabang sehingga posisinya berubah.

Pada fissura orbitalis superior, nervus trochlearis dan cabang opthalmicus nervus lacrimalis dan frontalis terletak sedemikian rupa dari medial ke lateral, memasuki cavum orbita di atas otot. Nervus yang lain memasuki orbita diantara kedua venter musculus rectus lateralis. Divisi superior oculomotor terletak paling superior; di bawahnya berturut-turut cabang nasociliais, divisi inferior oculomotor dan nervus abducent terletak paling bawah dari semuanya.

Di dalam cavum orbita, nervus trochlearis, frontalis dan lacrimalis terletak di bawah periosteum. Nervus trochlearis menuju musculus obliquus superior, yang terletak di sebelah frontal musculus levator palpebra superioris. Divisi superior nervus oculomotor terletak di bawah musculus rectus superior sedangkan nervus nasociliaris melewati nervus opticus menuju dinding medial cavum orbita.

Nervus opticus berada di bawah semuanya dikelilingi oleh nervus ciliaris dan bmelepaskan cabang menjadi ganglion ciliaris pada sisi lateralnya. Divisi inferior nervus oculomotor dan nervus abducent terletak di bawah nervus opticus. Nervus abducent terletak di sebelah medial musculus rectus lateralis.

0 komentar:

Posting Komentar